Mengatasi munculnya jam pasir pada Blackberry

Di artikel ini saya menulis tips mengatasi munculnya jam pasir pada Smartphone Blackberry anda. Terkadang saat kita membuka browser internet, request atau loading terlalu lama hingga munculnya jam pasir saat membuka aplikasi dan sampai menyebabkan hang pada Smartphone BB anda.


Bagaimana jam pasir bisa muncul saat browsing bisa disebabkan kualitas signal operator kurang bagus (penyebabnya banyak, geografis suatu daerah atau server operator down). Bagus tidak signal dari operator dapat kita lihat sebelah kanan paling atas, graphic bar menunjukkan kekuatan signal operator kita. Untuk mempermudah kita melihat graphic bar signal kita merubahnya menjadi indikator angka.

Caranya berikut : Tekan tombol ALT jangan dilepas dan menekan tombol N - M - L - L secara berurutan. Jika angka indikator signal tidak berada -40dbm - -100dbm berarti kualitas signal operator kurang bagus untuk berbrowsing ria.


Jika Smartphone Blackberry anda menurun performanya bisa juga di sebabkan menurunnya kinerja memori RAM. Smartphone BB bekerja terus (online terus) dan tidak pernah dimatikan secara penuh (Full Power Off) untuk menghapus file temporari, ataupun ada aplikasi yang berjalan di belakang layar. Untuk cara melihat aplikasi yang berjalan di belakang layar tekan tombol ALT - BACKSPACE (sebelah kanan trackpad atau trackball), buka aplikasi yang berjalan, pilih menu close atau tutup aplikasi.

Blackberry sering hang atau muncul jam pasir bisa juga karena melewati batas minimum penggunaan memori RAM anda, cara kita lakukan adalah meresetnya ada 2 cara:

1. Hard Reset > Mencopot batere saat handset BB menyala dan pasang kembali setelah beberapa detik.
2. Soft Reset >  Tekan tombol ALT - CAPS (sebelah kanan) - DEL secara bersamaan.


Hal yang wajar untuk menurunnya kinerja memori RAM kita setelah beberapa lama kita gunakan. Bagaimana kita melihat batas minimun memori RAM kita. Tekan tombol ALT - CAPS (sebelah kanan) - H secara bersamaan, akan muncul tampilan seperti ini.

Lihat angka file free usahakan jangan sampai dibawah 5mb dan 10mb bagi handset BB tertentu.

Jika file free sangat kecil atau menurun dengan cepat bisa juga di karenakan kesalahan OS system yang tidak stabil, terjadinya corupt file OS system hingga kesalahan saat install OS system atau bisa terinfeksi virus. Langkah dilakukan selanjutnya adalah Updates OS.

     Pada kesempatan lain saya akan menulis artikel tentang Updates OS Blackberry, Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua...

Contact Form

Name

Email *

Message *